Selasa, 16 November 2010

Handphone Memicu Insomnia

0 komentar
Telepon genggam atau HandPhone mungkin telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dibalik fungsinya yang luar biasa bagi kehidupan kita, ternyata pengunaan HP,bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan kita.
Seperti yang dilansir dari Genius Beauty, penelitian mengenai HP dan dampaknya terhadap kesehatan telah dilakukan  peneliti dari Wayne State University di Amerika Serikat dan Karolinska Institute di Swedia.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa menggunakan HP sebelum tidur dapat menyebabkan sakit kepala, insomnia, dan peningkatan agresivitas.
Sebanyak 35 pria dan 36 wanita yang berusia 18-45 tahun mengambil bagian dalam penelitian ini. Beberapa dari mereka menerima radiasi yang setara dengan yang diterima dari menggunakan HP. Setelah menerima radiasi, sebagian partisipan ini diminta untuk beristirahat.
Hasilnya, mereka yang terkena radiasi mengatakan bahwa tidak bisa tidur dengan nyenyak, sedangkan partisipan yang tidak terkena radiasi mengaku dapat tidur dengan nyenyak.
Menggunakan HP ternyata berhubungan dengan perubahan khusus pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan sistem stres. Jadi, jika menggunakan HP sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia,sakit kepala, peningkatan agresivitas dan kebingungan.
Radiasi yang disebabkan oleh HP dapat mengurangi jumlah tidur anda,dan ini berarti dapat memicu timbulnya stres bagi tubuh.
Maka dari itu, sebelum anda tidur sebaiknya anda tidak menggunakan HP.Jika perlu matikan HP anda selama anda beristirahat, agar radiasi HP tidak menganggu kesehatan tubuh anda.

0 komentar:

Posting Komentar